PROGRESS PEMBANGUNAN GEDUNG MENGGUNAKAN SISTEM PRACETAK TAHAN GEMPA BERKINERJA TINGGI PERTAMA DI INDONESIA



PRESENTASI PROGRESS PEMBANGUNAN GEDUNG KANTOR TAMANSARI HIVE CAWANG YANG MENGGUNAKAN SISTEM PRACETAK TAHAN GEMPA BERKINERJA TINGGI PERTAMA DI INDONESIA


Setelah melalui penelitian selama 2 tahun (2013-2014) di Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maka pada tahun 2015 suatu suatu sistem pracetak tahan gempa berkinerja tinggi diterapkan pertama kali di Indonesia pada pembangunan Gedung Kantor Tamansari Hive 12 lantai di Jl. DI Panjaitan Kavling 2, Cawang Jakarta Selatan. Kinerja tinggi diberikan oleh sambungan balok ke kolom yang menggunakan teknik prategang paskatarik unbonded yang mempunyai daya untuk mengembalikan deformasi bangunan ke posisi semula jika terkena beban gempa (self centering). 

Sifat ini membuat bangunan tidak mudah mengalami kerusakan jika terkena beban gempa kuat. Kinerja tinggi juga diberikan oleh komponen pendisipasi energi (dissipater) yang berfungsi seperti sekering (tempat yang dirancang untuk rusak tapi mempunyai daktilitas tinggi, dan mudah untuk diganti) jika terkena gempa kuat. Sistem juga dirancang untuk dapat dilaksanakan tanpa scaffolding, sehingga pembangunan dapat dilakukan secara cepat dan bersih. 
Proyek ini dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Realty, yang disupport pekerjaan pracetaknya oleh PT Wijaya Karya Beton, dan direncanakan selesai dalam waktu 1 tahun.








0 Response to "PROGRESS PEMBANGUNAN GEDUNG MENGGUNAKAN SISTEM PRACETAK TAHAN GEMPA BERKINERJA TINGGI PERTAMA DI INDONESIA"

Posting Komentar

Postingan Populer

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel