Jasa Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan di balikpapan samarinda bontang sangatta berau melak tenggarong kutai kertanegara kutai timur kutai barat
Senin, 06 Agustus 2012
Add Comment
Rangka ATAP Baja Ringan, Mengapa Tidak...??
HEAD OFFICE :
Pondok Sambutan Permai (ARIESCO) Blok CI No.1
Samarinda - Kaltim
workshop : Ruko jl. pangeran suryanata no. 92, Samarinda
Telp. 082156342845,082315513340,085234007195
Fax. (0541) 240277
email : megatrussglobal@yahoo.com
www.megatrussglobal.com
Pondok Sambutan Permai (ARIESCO) Blok CI No.1
Samarinda - Kaltim
workshop : Ruko jl. pangeran suryanata no. 92, Samarinda
Telp. 082156342845,082315513340,085234007195
Fax. (0541) 240277
email : megatrussglobal@yahoo.com
www.megatrussglobal.com
Pernah Anda bayangkan betapa dahsyatnya akibat dari Serangan Rayap di rumah Anda? Lemari pakaian jadi hancur dan seluruh pakaian beraroma lembab. Atau lemari makan yang bolong bagian belakangnya dan serbuk kayu bercampur tanah bertebaran menimbulkan rasa jijik.
Lebih parah lagi kalau pasukan rayap itu menyerang rangka atap rumah kita yang mengusung beban genteng keramik yang demikian berat. Bayangkan jika ratusan keping genteng tersebut ambruk ke bawah menimpa seisi rumah hanya karena ulah pasukan rayap yang imut-imut berwarna putih.
Kini ada solusi untuk mengatasi masalah rayap tersebut, yakni rangka atap baja ringan (light steel frame). Sesuai namanya, material untuk rangka atap ini memang terbuat dari bahan dasar baja dengan campuran zinc dan aluminium (zinc-alum). Material ini sudah diproduksi secara massal di Indonesia setidaknya oleh tiga perusahaan/industri, yang antara lain adalah lisensi dari perusahaan/industri berbasis di Australia.
Rangka baja ini terdiri dari lempengan-lempengan panjang (profil) yang bervariasi bentuk dan ukurannya sesuai fungsi masing-masing dalam struktur rangka atap.
Untuk kuda-kuda atau rangka utama dan gording, profil baja ringan ini biasanya berbentuk "I" atau "U" terbalik dan memiliki ukuran yang lebih besar. Sedangkan reng ialah pengikat kuda-kuda dan gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh. Lempengan reng adalah profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih "mencengkeram".
Kelebihan dari material atap ini ialah bobot beratnya yang demikian kecil dibandingkan dengan material rangka atap lainnya. Dengan daya tahan terhadap tekanan dan tarikan yang lebih unggul daripada material rangka kayu serta bobot materialnya sendiri yang demikian ringan, rangka atap baja ringan mungkin menjadi pilihan utama para developer dan pemilik rumah di kemudian hari.
Terbukti beberapa developer di luar Pulau Jawa memakai baja ringan ini sebagai perangkat atap, semisal Perumahan Puri Mutiara dan Bukit Baruga di Makassar. Juga beberapa rumah mewah tertentu.
Pabrikasi dalam konteks ini ialah suatu sistem perakitan bukan di lokasi/titik terpasang perangkat terkait sehingga memungkinkan akurasi yang sangat tepat akan berbagai ukuran yang ada pada gambar kerja. Dengan sistem pabrikasi (perakitan) yang begitu efisien dan praktis, rangka atap baja ringan dapat memenuhi tuntutan akan efisiensi waktu dalam penyelesaian suatu gedung
Rangka atap baja ringan (dalam kasus ini) diset sesuai spesifikasi yang tertuang dalam gambar detail mengikuti bentuk dan ukuran yang terinci. Dalam bentuk yang hampir atau telah utuh setelah diikat dan disatukan oleh jepitan sekrup atau sejenisnya, material rangka atap dinaikkan pada posisinya di atas pasangan dinding bata atau balok beton. Setelah berada pada dudukan yang tepat, lalu dilakukan "pengikatan" mengikuti prosedur teknis selanjutnya.
Dengan sistem pabrikasi ini, rangka atap baja ringan dapat dikerjakan terlebih dahulu atau bersamaan dengan dimulainya pekerjaan awal pembangunan suatu gedung, misalnya, saat dilakukan galian fondasi atau pelaksanaan tiang pancang. Dan, ketika pemasangan dinding bata telah mencapai level tertentu yang diinginkan, rangka atap baja ringan siap ditempatkan pada posisinya.
Dengan menggunakan rangka Atap Baja Ringan, Berarti anda telah ikut serta "MENJAGA & MELESTARIKAN HUTAN INDONESIA"...:)
Namun, sistem pabrikasi yang efisien dan praktis tidak berarti lepas dari berbagai kendala atau kekurangan. Meskipun perakitan telah mencapai kesempurnaan dan presisi yang tinggi, problem lain telah menanti.
Masalah yang paling umum ialah tidak adanya presisi pada garis level pasangan dinding bata atau balok beton yang menjadi tempat dudukan kuda-kuda rangka atap baja ringan tersebut. Dengan demikian, diperlukan revisi berupa penambalan, pengganjalan, ataupun pembobolan dan pemangkasan di bagian-bagian yang tidak level.
Pada kasus lain, sering dijumpai pemuntiran pada bagian rangka atau profil baja tertentu akibat kecerobohan pemasangan. Dan, yang sangat fatal adalah kelalaian dalam peletakan posisi profil baja yang berfungsi sebagai reng. Hal itu mengakibatkan kurang rapinya pemasangan genteng pada tahap selanjutnya. Selain itu, masalah biaya menjadi kekurangan yang lain. Mahalnya harga pemasangan rangka atap baja ringan ini yang berlipat kali dibandingkan dengan rangka atap dari material kayu membuat golongan menengah-bawah belum dapat menikmati kenyamanan temuan arsitektur yang inovatif ini.
Namun, di sisi lain, patut juga dihitung nilai keuntungan dari penggunaan material baja ringan ini ketimbang material kayu yang sering diganggu rayap sehingga memerlukan perawatan dan bahkan penggantian menyeluruh pada jangka waktu tertentu.
Tidak pelak lagi, pengerjaan rangka atap baja ringan ini dituntut konsentrasi dan kecermatan tinggi. Pelaksanaan dengan intensitas yang begitu tinggi (misalnya pada perumahan dengan jumlah unit yang sangat banyak) dan apalagi dituntut deadline waktu senantiasa menimbulkan berbagai kesalahan di lapangan. Keterburu-buruan merupakan awal dari keserampangan pelaksanaan pekerjaan. Padahal, untuk pekerjaan rangka atap yang sifatnya struktural, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian.
Diperlukan pengawasan yang ekstra ketat pada saat pemasangan rangka atap tersebut. Maka, hendaknya dihindarkan penyerahan kepercayaan sepenuhnya kepada tukang atau mandor bangunan saja. Kenyataan di lapangan menunjukkan demikian banyak kecerobohan dan ketidaktelitian pengerjaan rangka atap baja ringan ini di berbagai lokasi perumahan, juga di Jawa.
Ada beberapa saran yang hendaknya dipertimbangkan sebelum memakai material baja ringan produksi suatu pabrik/industri tertentu sebagai rangka atap :
1. Pilih material baja ringan yang kuat berdasarkan perhitungan struktur bentuk profilnya.
2. Hindarkan jatuhan adukan semen pada profil saat melakukan plesteran dinding atau ketika pemasangan nok genteng.
"Adukan semen yang jatuh, selain mengganggu kebersihan dan kerapian perangkat kuda-kuda, memiliki daya lekat yang sangat kuat dan padat, yang mengakibatkan kerusakan pada lapisan coating material baja tersebut.Lapisan atau coating berfungsi sebagai pelindung material baja ringan dari proses korosi atau karat. Dengan lapisan tersebut, daya tahan material baja ringan terhadap karat menjadi empat kali lipat daripada baja biasa."
3. Tidak melakukan goresan apa pun terhadap lempengan (profil) rangka atap baja ringan. Proses karat biasanya akan muncul pada lubang-lubang bekas bor untuk pemasangan sekrup lantaran di bagian ini lapisan coating telah terkelupas.
4. Pilihan garansi bervariasi antara 5 hingga 25 tahun. Sangat meyakinkan dan cukup menciptakan rasa tenang di hati kan?
Selamat mencoba....:)
Lebih parah lagi kalau pasukan rayap itu menyerang rangka atap rumah kita yang mengusung beban genteng keramik yang demikian berat. Bayangkan jika ratusan keping genteng tersebut ambruk ke bawah menimpa seisi rumah hanya karena ulah pasukan rayap yang imut-imut berwarna putih.
Kini ada solusi untuk mengatasi masalah rayap tersebut, yakni rangka atap baja ringan (light steel frame). Sesuai namanya, material untuk rangka atap ini memang terbuat dari bahan dasar baja dengan campuran zinc dan aluminium (zinc-alum). Material ini sudah diproduksi secara massal di Indonesia setidaknya oleh tiga perusahaan/industri, yang antara lain adalah lisensi dari perusahaan/industri berbasis di Australia.
Rangka baja ini terdiri dari lempengan-lempengan panjang (profil) yang bervariasi bentuk dan ukurannya sesuai fungsi masing-masing dalam struktur rangka atap.
Untuk kuda-kuda atau rangka utama dan gording, profil baja ringan ini biasanya berbentuk "I" atau "U" terbalik dan memiliki ukuran yang lebih besar. Sedangkan reng ialah pengikat kuda-kuda dan gording yang posisinya melintang di atas kuda-kuda dan gording, serta mengikat kuda-kuda dan gording tersebut hingga membentuk suatu kerangka yang kokoh. Lempengan reng adalah profil yang paling kecil bentuk dan ukurannya. Fungsinya sebagai penahan genteng atau jenis atap lainnya dan sebagai pengatur jarak setiap baris genteng agar lebih rapi dan lebih "mencengkeram".
Kelebihan dari material atap ini ialah bobot beratnya yang demikian kecil dibandingkan dengan material rangka atap lainnya. Dengan daya tahan terhadap tekanan dan tarikan yang lebih unggul daripada material rangka kayu serta bobot materialnya sendiri yang demikian ringan, rangka atap baja ringan mungkin menjadi pilihan utama para developer dan pemilik rumah di kemudian hari.
Terbukti beberapa developer di luar Pulau Jawa memakai baja ringan ini sebagai perangkat atap, semisal Perumahan Puri Mutiara dan Bukit Baruga di Makassar. Juga beberapa rumah mewah tertentu.
Pabrikasi dalam konteks ini ialah suatu sistem perakitan bukan di lokasi/titik terpasang perangkat terkait sehingga memungkinkan akurasi yang sangat tepat akan berbagai ukuran yang ada pada gambar kerja. Dengan sistem pabrikasi (perakitan) yang begitu efisien dan praktis, rangka atap baja ringan dapat memenuhi tuntutan akan efisiensi waktu dalam penyelesaian suatu gedung
Rangka atap baja ringan (dalam kasus ini) diset sesuai spesifikasi yang tertuang dalam gambar detail mengikuti bentuk dan ukuran yang terinci. Dalam bentuk yang hampir atau telah utuh setelah diikat dan disatukan oleh jepitan sekrup atau sejenisnya, material rangka atap dinaikkan pada posisinya di atas pasangan dinding bata atau balok beton. Setelah berada pada dudukan yang tepat, lalu dilakukan "pengikatan" mengikuti prosedur teknis selanjutnya.
Dengan sistem pabrikasi ini, rangka atap baja ringan dapat dikerjakan terlebih dahulu atau bersamaan dengan dimulainya pekerjaan awal pembangunan suatu gedung, misalnya, saat dilakukan galian fondasi atau pelaksanaan tiang pancang. Dan, ketika pemasangan dinding bata telah mencapai level tertentu yang diinginkan, rangka atap baja ringan siap ditempatkan pada posisinya.
Dengan menggunakan rangka Atap Baja Ringan, Berarti anda telah ikut serta "MENJAGA & MELESTARIKAN HUTAN INDONESIA"...:)
Namun, sistem pabrikasi yang efisien dan praktis tidak berarti lepas dari berbagai kendala atau kekurangan. Meskipun perakitan telah mencapai kesempurnaan dan presisi yang tinggi, problem lain telah menanti.
Masalah yang paling umum ialah tidak adanya presisi pada garis level pasangan dinding bata atau balok beton yang menjadi tempat dudukan kuda-kuda rangka atap baja ringan tersebut. Dengan demikian, diperlukan revisi berupa penambalan, pengganjalan, ataupun pembobolan dan pemangkasan di bagian-bagian yang tidak level.
Pada kasus lain, sering dijumpai pemuntiran pada bagian rangka atau profil baja tertentu akibat kecerobohan pemasangan. Dan, yang sangat fatal adalah kelalaian dalam peletakan posisi profil baja yang berfungsi sebagai reng. Hal itu mengakibatkan kurang rapinya pemasangan genteng pada tahap selanjutnya. Selain itu, masalah biaya menjadi kekurangan yang lain. Mahalnya harga pemasangan rangka atap baja ringan ini yang berlipat kali dibandingkan dengan rangka atap dari material kayu membuat golongan menengah-bawah belum dapat menikmati kenyamanan temuan arsitektur yang inovatif ini.
Namun, di sisi lain, patut juga dihitung nilai keuntungan dari penggunaan material baja ringan ini ketimbang material kayu yang sering diganggu rayap sehingga memerlukan perawatan dan bahkan penggantian menyeluruh pada jangka waktu tertentu.
Tidak pelak lagi, pengerjaan rangka atap baja ringan ini dituntut konsentrasi dan kecermatan tinggi. Pelaksanaan dengan intensitas yang begitu tinggi (misalnya pada perumahan dengan jumlah unit yang sangat banyak) dan apalagi dituntut deadline waktu senantiasa menimbulkan berbagai kesalahan di lapangan. Keterburu-buruan merupakan awal dari keserampangan pelaksanaan pekerjaan. Padahal, untuk pekerjaan rangka atap yang sifatnya struktural, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian.
Diperlukan pengawasan yang ekstra ketat pada saat pemasangan rangka atap tersebut. Maka, hendaknya dihindarkan penyerahan kepercayaan sepenuhnya kepada tukang atau mandor bangunan saja. Kenyataan di lapangan menunjukkan demikian banyak kecerobohan dan ketidaktelitian pengerjaan rangka atap baja ringan ini di berbagai lokasi perumahan, juga di Jawa.
Ada beberapa saran yang hendaknya dipertimbangkan sebelum memakai material baja ringan produksi suatu pabrik/industri tertentu sebagai rangka atap :
1. Pilih material baja ringan yang kuat berdasarkan perhitungan struktur bentuk profilnya.
2. Hindarkan jatuhan adukan semen pada profil saat melakukan plesteran dinding atau ketika pemasangan nok genteng.
"Adukan semen yang jatuh, selain mengganggu kebersihan dan kerapian perangkat kuda-kuda, memiliki daya lekat yang sangat kuat dan padat, yang mengakibatkan kerusakan pada lapisan coating material baja tersebut.Lapisan atau coating berfungsi sebagai pelindung material baja ringan dari proses korosi atau karat. Dengan lapisan tersebut, daya tahan material baja ringan terhadap karat menjadi empat kali lipat daripada baja biasa."
3. Tidak melakukan goresan apa pun terhadap lempengan (profil) rangka atap baja ringan. Proses karat biasanya akan muncul pada lubang-lubang bekas bor untuk pemasangan sekrup lantaran di bagian ini lapisan coating telah terkelupas.
4. Pilihan garansi bervariasi antara 5 hingga 25 tahun. Sangat meyakinkan dan cukup menciptakan rasa tenang di hati kan?
Selamat mencoba....:)
HEAD OFFICE :
Pondok Sambutan Permai (ARIESCO) Blok CI No.1
Samarinda - Kaltim
Telp. 082156342845,082315513340,085234007195
Fax. (0541) 240277
email : megatrussglobal@yahoo.com
www.megatrussglobal.com
(Sumber: www.arsitekturmedia.blogspot.com, 22 Agustus 2007)
Jual Pemasangan Kerangka Atap Rumah Baja Ringan Balikpapan Samarinda Sangatta Senipah Handil Tanjung Santan Kota Bangun Marangkayu Pendingin Sangasanga Anggana Palaran Samboja Tenggarong Bontang Muara Badak Kutai Kartanegara Kenohan Muara Wis Seberang Tanjung Aru tanah Grogot Pasir Belengkong Longikis Longkali Waru Mutiara Pulau Bemarung Pulau Tarenta Muara Jawa Loajanan Loakulu Samarinda Muara Kelang Dilangputih Tanjung Isu Lembing Damai Penyinggahan Muara Badak Tenggarong Muara Muntai Muara Pahu Barong Tangkok Melak Long Iram Sendawar Kembang Janggut Kahala Muara Kaman Sebulu Santan Bontang Sangatta Sangkimah Muara Bengkal Muara Calung Merah Lubuk Tutung Karaitan Tanjung Manis Susuk Sangkulirang Gelantungan Sapan Buku Sepinang Palawanbesar Batulapok Pulau Tanjung Buaya Batu Putih Tali Sayan Tabang Geritan Muara Madu Muara Wahau Long Boh Lasan Kubumesai Tionghang Long Pahangai Duma Long Nawan Muara Mayang Muara Lesan Merapuh Rantau Panjang Tanjung Redeb Long Laai Gunung Tabur Sambaliung Tanjung Batu Pulau Maratua Pulau Panjang Tanah Kuhing Long Agung Kapan Long Pujung Long Apar Long Bena Long Bia Tanjung Palas Tanjung Selor Pulau Mapat Tanjung Polas Long Peso Besah Long Emuat Long Atua Long Ketiok Kabuang Tarakan Pasir Sapi Malinau Pulau Tarakan Bunyu Pulau Bunyu Tidang Pala Tanah Merah Pulau Mandul Sesayap Membalong Long Berang Tanjung Harapan Pulau Nunukan Pulau Sebatik Nunukan Ulu Ulu Tabak Lumbis Labang Paser Tanah Grogot Berau Bulungan Penajam Paser Utara Penajam Kutai Barat Kutai Kartanegara Kutai Timur Tana Tidung Tideng Pale kalimantan timur Banjarmasin Barabai Pelabuhan Ratu Cepu Santan Jaro Muara Uya Ketua Pasar Arba Tanta Bakau Cengal Alabio Baribik Margasari Lampihong Pondokbaru Tanjung Pamukan Tanjung Samalantakan Pagat Gunung Batu Besar Telagalangsat Sungairaya Tambarangan Belimbing Sei Kupang Pudi Tanjung Batu Pantai Klumpeng Tanjung Dewa Simpangampat Lasung Stagen Berangas Pulau Sebuku Tanjung Kurong Tanjung Seloka Karambu Gemuru Pulau Laut Gemuru Tanjung Layar Pulau Kadapangan Pulau Jatisari Pulau Kalambau Pagatan Astambul Pangapin Kerta Hanyar Tabung Anem Aluhaluh Rantau Tayung Batibati Takisung Batakan Satui Kintap Jorong Tanjung Selatan Balangan Paringin Banjar Martapura Banjarbaru Banjarmasin Barito Kuala Marabahan Hulu Sungai Selatan Kandangan Hulu Sungai Tengah Barabai Hulu Sungai Utara Amuntai Kotabaru Tabalong Tanjung Tanah Bumbu Batulicin Tanah Laut Pelaihari Tapin Rantau kalimantan selatan Indonesia, surabaya, gresik, lamongan, malang, bojonegoro, tuban, lumajang, probolinggo, bondowoso, banyuwangi, jember, malang, blitar, tulungagung, trenggalek, ponorogo, wonogiri, pacitan,ngawi, magetan, madiun, mojokerto, nganjuk, kediri
0 Response to "Jasa Konstruksi Rangka Atap Baja Ringan di balikpapan samarinda bontang sangatta berau melak tenggarong kutai kertanegara kutai timur kutai barat"
Posting Komentar